Sabtu, 04 April 2015

Contoh Proposal Pengajuan Ekstra Kurikuler REMUS (Remaja Mushalla) di Sekolah


PROPOSAL
TIM PERINTIS PEMBENTUKAN EKSTRAKURIKULER
REMUS SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH
PERIODE 2014/2015






remus.jpg
 















REMAJA MUSHALLA
SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH
2015
remus.jpg205817_143387875731221_314059_nTIM PERINTIS PEMBENTUKAN EKSTRAKURIKULER
   REMAJA MUSHALLA SMKN 2 PRAYA TENGAH
PERIODE 2014/2015
Jln. Pejanggik No. 09 Telp. (0370) 654501
PROPOSAL
PEMBENTUKAN EKSTRAKURIKULER
REMUS (REMAJA MUSHALLA)
SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH

I.          PENDAHULUAN
1.1.            Latar Belakang
Manusia sejatinya adalah makhluk yang lemah, imannya mudah terombang ambing oleh keadaan sekitar, maupun oleh situasi dan kondisi, apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, para remaja disibukkan dengan media sosial sehingga lupa akan kewajibannya kepada sang pencipta. Maka disanalah peran teman sebaya untuk meluruskan, seperti halnya tumbuhan yang ketika tidak pernah disiram ia akan kering, layu bahkan bisa mati, begitu juga dengan iman seorang manusia, ketika ia tidak pernah mendapatkan siraman rohani ia pun akan kering dan kemudian layu.
Meninjau kembali pada penerapan kurikulum di sekolah yang hanya menjadwalkan pelajaran Pendidikan Agama Islam selama 2 jam dalam satu pekan. Karena sedikitnya waktu yang diberikan untuk pembelajaran ilmu agama untuk setiap siswa maka perlu adanya materi-materi ataupun kegiatan-kegiatan yang membahas tentang ilmu agama di luar jam sekolah.
            Sehubungan dengan kepentingan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membangun dan menjaga harmoni antara ruhiyah dan jasadiyah siswa maka kami berinisiatif dan menganggap bahwa perlu adanya wadah yang dapat membina karakter, kemampuan, dan memperbaiki akhlak siswa.
            Hal ini sebagai metode aplikatif dalam menerapkan Nilai tarbiyah, pembelajaran bahasa sekaligus pembentukan karakter Positif dalam balutan kegiatan keislaman.



1.2.          Maksud dan Tujuan
1.2.1.         Maksud adanya Unit Ekstrakurikuler ini adalah :
§  Pembentukan karakter (Character building) siswa dengan memasukkan unsur-unsur nilai tarbiyah dalam kegiatan ekstrakurikuler.
§  Dinamika sekolah harus menuntut adanya kevariatifan dalam kegiatan extrakurikuler (kegiatan diluar kelas) supaya memberikan nuansa semua siswa sibuk dengan kegiatan posistif dan tidak sepi dalam kejenuhan nilai pembelajaran.
§  Ekstrakurikuler ini adalah sarana dakwah untuk mengantarkan siswa dan masyarakat sekolah menjadi lebih baik.
1.2.2.         Tujuan dari adanya Unit Ekstrakurikuler ini adalah :
§  Membentuk karakter siswa dan masyarakat sekolah yang islami dan melahirkan generasi robbani di lingkungan sekolah
§  Melahirkan kepribadian hanif pada masing-masing siswa dan masyarakat sekolah
§  Sebagai wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa

1.3.       Visi dan Misi
1.3.1.         Visi
Mengoptimalkan kehidupan yang bernuansa keislaman di lingkunagan sekolah
1.3.2.         Misi
§   Memperkuat ukhuwah islamiyah di lingkungan sekolah
§   Menyebarkan syiar dan dakwah islam kepada masyarakat sekolah

II.          REMAJA MUSHALLA (REMUS)
2.1.         Makna REMUS
           Remus Merupakan singkatan dari Remaja Mushalla yang berperan penting untuk mensyiarkan islam di lingkungan sekolah dan bergerak di bidang tarbiyah, ketika ruhiyah jarang ditarbiyah maka iman seseorang akan mulai melemah, sehingga hubungan ia dengan Allah SWT pun akan mulai renggang, untuk itu Remus ini ada menjadi sarana penyaluran tarbiyah dan penggemblengan jasadiyah seseorang hingga nyawa keimanannya terkumpul rapi, serta mengubah pola fikir seseorang khususnya siswa menjadi pola fikir yang menerapkan husnudzon thinking.
           Remaja atau yang lebih sering disebut dengan kata pemuda sangat berperan penting untuk generasi islam. Pemuda dengan perannya dalam pergerakan dakwah memicu hal sangat penting, mensyi’arkan agama islam bukan hanya di wilayah sekolah, bukan hanya ditempat ia tinggal saja tapi di segenap penjuru.
           Kalimat yang cukup populer dikalangan pemuda, “yang muda yang mulia”. Mengutip pesan dari seorang ulama “Allah benci kepada orang yang bermaksiat, tapi Allah lebih membenci orang tua yang bermaksiat, dan Allah suka kepada orang yang taat tapi Allah lebih menyukai orang muda yang taat”. Kita bisa rangkai sedikit kesimpulan dari kalimat tersebut, yaitu masa muda adalah masa dimana Allah memberikan kenikmatan yang serba berkecukupan, tapi jarang sekali kita melihat para pemuda memanfaatkan kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya, jarang kita lihat para pemuda mengapresiasi kenikmatan tersebut dengan lebih taat dalam ibadah kepada Allah. Malah yang ada kebanyakan dari mereka menggunakan waktu luang untuk bersenang-besenang tanpa tujuan, bermewah-mewah dengan harta orang tuanya.
           Kadang kala gerakan para pemuda ini kepentok masalah klasik kekurangan dana, misalnya. Hal itu biasa dan terjadi di mana-mana, di setiap waktu dan tempat, bukan hanya di Indonesia dan di masa sekarang saja. Meskipun tidak mempunyai materi berlimpah, semua pergerakan disusun, dirancang, dan dilaksanakan oleh pemuda. Pemuda aktivis boleh miskin materi, tetapi jiwanya kaya, sehingga pantang menyerah dan mengeluh. Mereka tidak mengorbankan iffah, kehormatan diri, hanya untuk meminta-minta, karena pemuda perintis dan pelopor pergerakan yang berhasil adalah mereka yang bermental baja.
           Untuk itu melalui Remus ini kami bentuk pemuda yang bermental baja, menjaga iffah dan kehormatan diri, pemuda yang berbakti kepada orang tua, menghormati guru dan taat dalam ibadah, yang akan kami rangkai dengan kegiatan-kegiatan bernuansa islami seperti pengadaan kajian rutin, nasihat dari para guru, mentoring akhlak qurani, tahsin, ataupun orientasi dan kaderisasi siswa yang mengantarkan siswa untuk cinta Rabbnya.

2.2.            Nama yang diajukan untuk Unit Ekstrakurikuler ini adalah
“REMAJA MUSHALLA (REMUS) SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH”

2.3.            Gambaran kegiatan Ekstrakurikuler REMUS
No.
Waktu / Tanggal
Keterangan
1.
Minggu ke IV Desember 2014
Pengajuan proposal perintisan Remus
2.
Minggu ke I Januari 2015
Pengesahan Remus oleh Kepala Sekolah
Pencarian siswa yang berminat menjadi calon anggota
3.
Minggu ke II Januari 2015
Diklat anggota oleh pembina dan tim pelantikan anggota dan penyematan simbolik menjadi anggota
Penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran  Rumah Tangga Ekstrakurikuler (AD/ART) Program kerja mingguan, bulanan, dan tahunan.
















III.             PENUTUP
Demikianlah proposal pengajuan Extrakurikuler Remaja Mushalla ini diajukan untuk dapat ditindak lanjuti. Atas semua kesalahan bahasa kami mohon maaf dan permakluman. Dan semoga proposal ini dapat dikongkritkan dan akan menjadi sebuah awal yang baik bagi  dinamika kesiswaan di Sekolah yang kita cintai ini. semoga Allah SWT selalu merahmati dan melindungi kita semua. Amin.


Pembina REMUS,



Drs. Mahsun
NIP : 1996 1231 299903 1 041
Praya Tengah, 22 Desember 2014
Ketua Tim Perintis REMUS,



Ilham Hadi
NIS : 2725


Mengetahui:
SMK Negeri 2 Praya Tengah
Kepala Sekolah,



205817_143387875731221_314059_nremus.jpgH. Muh. Sukalam, S.Pd
NIP: 19550117 197601 1 002
Wakasek Kesiswaan,


remus.jpg205817_143387875731221_314059_n
Busri Halqi, S.Pd
NIP : 19811231 200604 1 019



0 komentar:

Posting Komentar