TIM
PERINTIS PEMBENTUKAN EKSTRAKURIKULER
REMAJA
MUSHALLA SMKN 2 PRAYA TENGAH
PERIODE
2014/2015
Jln. Pejanggik No. 09 Telp. (0370) 654501
PROPOSAL
PEMBENTUKAN
EKSTRAKURIKULER
REMUS
(REMAJA MUSHALLA)
SMK
NEGERI 2 PRAYA TENGAH
I.
PENDAHULUAN
1.1.
Latar
Belakang
Manusia sejatinya adalah makhluk yang lemah, imannya
mudah terombang ambing oleh keadaan sekitar, maupun oleh situasi dan kondisi,
apalagi di jaman modern seperti sekarang ini, para remaja disibukkan dengan
media sosial sehingga lupa akan kewajibannya kepada sang pencipta. Maka
disanalah peran teman sebaya untuk meluruskan, seperti halnya tumbuhan yang
ketika tidak pernah disiram ia akan kering, layu bahkan bisa mati, begitu juga
dengan iman seorang manusia, ketika ia tidak pernah mendapatkan siraman rohani
ia pun akan kering dan kemudian layu.
Meninjau kembali pada penerapan kurikulum di sekolah
yang hanya menjadwalkan pelajaran Pendidikan Agama Islam selama 2 jam dalam
satu pekan. Karena sedikitnya waktu yang diberikan untuk pembelajaran ilmu
agama untuk setiap siswa maka perlu adanya materi-materi ataupun
kegiatan-kegiatan yang membahas tentang ilmu agama di luar jam sekolah.
Sehubungan dengan kepentingan
menumbuhkan kesadaran akan pentingnya membangun dan menjaga harmoni antara
ruhiyah dan jasadiyah siswa maka kami berinisiatif dan menganggap bahwa perlu
adanya wadah yang dapat membina karakter, kemampuan, dan memperbaiki akhlak
siswa.
Hal ini sebagai metode aplikatif
dalam menerapkan Nilai tarbiyah, pembelajaran bahasa sekaligus pembentukan
karakter Positif dalam balutan kegiatan keislaman.
1.2.
Maksud dan Tujuan
1.2.1.
Maksud adanya Unit Ekstrakurikuler ini
adalah :
§ Pembentukan
karakter (Character building) siswa dengan memasukkan unsur-unsur nilai
tarbiyah dalam kegiatan ekstrakurikuler.
§ Dinamika
sekolah harus menuntut adanya kevariatifan dalam kegiatan extrakurikuler
(kegiatan diluar kelas) supaya memberikan nuansa semua siswa sibuk dengan
kegiatan posistif dan tidak sepi dalam kejenuhan nilai pembelajaran.
§ Ekstrakurikuler
ini adalah sarana dakwah untuk mengantarkan siswa dan masyarakat sekolah
menjadi lebih baik.
1.2.2.
Tujuan dari adanya Unit Ekstrakurikuler
ini adalah :
§ Membentuk
karakter siswa dan masyarakat sekolah yang islami dan melahirkan generasi
robbani di lingkungan sekolah
§ Melahirkan
kepribadian hanif pada masing-masing siswa dan masyarakat sekolah
§ Sebagai
wadah untuk menyalurkan minat dan bakat siswa
1.3. Visi dan Misi
1.3.1.
Visi
Mengoptimalkan kehidupan yang bernuansa keislaman di
lingkunagan sekolah
1.3.2.
Misi
§ Memperkuat
ukhuwah islamiyah di lingkungan sekolah
§ Menyebarkan syiar dan dakwah islam kepada masyarakat
sekolah
II.
REMAJA
MUSHALLA (REMUS)
2.1.
Makna
REMUS
Remus Merupakan singkatan dari Remaja
Mushalla yang berperan penting untuk mensyiarkan islam di lingkungan sekolah
dan bergerak di bidang tarbiyah, ketika ruhiyah jarang ditarbiyah maka iman
seseorang akan mulai melemah, sehingga hubungan ia dengan Allah SWT pun akan
mulai renggang, untuk itu Remus ini ada menjadi sarana penyaluran tarbiyah dan
penggemblengan jasadiyah seseorang hingga nyawa keimanannya terkumpul rapi,
serta mengubah pola fikir seseorang khususnya siswa menjadi pola fikir yang
menerapkan husnudzon thinking.
Remaja atau yang lebih sering disebut
dengan kata pemuda sangat berperan penting untuk generasi islam. Pemuda dengan
perannya dalam pergerakan dakwah memicu hal sangat penting, mensyi’arkan agama
islam bukan hanya di wilayah sekolah, bukan hanya ditempat ia tinggal saja tapi
di segenap penjuru.
Kalimat yang cukup populer dikalangan
pemuda, “yang muda yang mulia”. Mengutip pesan dari seorang ulama “Allah benci
kepada orang yang bermaksiat, tapi Allah lebih membenci orang tua yang
bermaksiat, dan Allah suka kepada orang yang taat tapi Allah lebih menyukai
orang muda yang taat”. Kita bisa rangkai sedikit kesimpulan dari kalimat tersebut,
yaitu masa muda adalah masa dimana Allah memberikan kenikmatan yang serba
berkecukupan, tapi jarang sekali kita melihat para pemuda memanfaatkan
kenikmatan yang diberikan Allah kepadanya, jarang kita lihat para pemuda
mengapresiasi kenikmatan tersebut dengan lebih taat dalam ibadah kepada Allah.
Malah yang ada kebanyakan dari mereka menggunakan waktu luang untuk
bersenang-besenang tanpa tujuan, bermewah-mewah dengan harta orang tuanya.
Kadang kala gerakan para pemuda ini kepentok
masalah klasik kekurangan dana, misalnya. Hal itu biasa dan terjadi di
mana-mana, di setiap waktu dan tempat, bukan hanya di Indonesia dan di masa
sekarang saja. Meskipun tidak mempunyai materi berlimpah, semua pergerakan
disusun, dirancang, dan dilaksanakan oleh pemuda. Pemuda aktivis boleh miskin
materi, tetapi jiwanya kaya, sehingga pantang menyerah dan mengeluh. Mereka
tidak mengorbankan iffah,
kehormatan diri, hanya untuk meminta-minta, karena pemuda perintis dan pelopor
pergerakan yang berhasil adalah mereka yang bermental baja.
Untuk itu melalui Remus ini kami
bentuk pemuda yang bermental baja, menjaga iffah dan kehormatan diri, pemuda
yang berbakti kepada orang tua, menghormati guru dan taat dalam ibadah, yang
akan kami rangkai dengan kegiatan-kegiatan bernuansa islami seperti pengadaan
kajian rutin, nasihat dari para guru, mentoring akhlak qurani, tahsin, ataupun
orientasi dan kaderisasi siswa yang mengantarkan siswa untuk cinta Rabbnya.
2.2.
Nama
yang diajukan untuk Unit Ekstrakurikuler ini adalah
“REMAJA
MUSHALLA (REMUS) SMK NEGERI 2 PRAYA TENGAH”
2.3.
Gambaran
kegiatan Ekstrakurikuler REMUS
No.
|
Waktu / Tanggal
|
Keterangan
|
1.
|
Minggu ke IV Desember
2014
|
Pengajuan
proposal perintisan Remus
|
2.
|
Minggu ke I Januari
2015
|
Pengesahan
Remus oleh Kepala Sekolah
|
Pencarian
siswa yang berminat menjadi calon anggota
|
||
3.
|
Minggu ke II Januari
2015
|
Diklat
anggota oleh pembina dan tim pelantikan anggota dan penyematan simbolik
menjadi anggota
|
Penyusunan
Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Ekstrakurikuler (AD/ART)
Program kerja mingguan, bulanan, dan tahunan.
|
III.
PENUTUP
Demikianlah proposal pengajuan
Extrakurikuler Remaja Mushalla ini diajukan untuk dapat ditindak lanjuti. Atas
semua kesalahan bahasa kami mohon maaf dan permakluman. Dan semoga proposal ini
dapat dikongkritkan dan akan menjadi sebuah awal yang baik bagi dinamika kesiswaan di Sekolah yang kita cintai
ini. semoga Allah SWT selalu merahmati dan melindungi kita semua. Amin.
Pembina
REMUS,
Drs. Mahsun
NIP
: 1996 1231 299903 1 041
|
Praya
Tengah, 22 Desember 2014
Ketua
Tim Perintis REMUS,
Ilham Hadi
NIS
: 2725
|
Mengetahui:
|
|
SMK Negeri 2 Praya
Tengah
Kepala Sekolah,
NIP: 19550117 197601
1 002
|
Wakasek
Kesiswaan,
Busri Halqi, S.Pd
NIP
: 19811231 200604 1 019
|
0 komentar:
Posting Komentar